Melihat Data Center Facebook didekat kutub


halo gays, siapa yang tak kenal facebook? di seluruh penjuru dunia pasti tau sosial media yang satu ini.hampir setiap hari berjuta-juta orang menggunakan sosial media facebook.

ada pepatah mengatakan " jangan dilihat dari luarnya saja, tp lihatlah dalamnya juga " .
itulah kata yang tepat untuk artikel ini. jangan melihat facebook dari luarnya saja/hanya menggunakan saja, tp juga lihatlah bagian dalamnya facebook.

sedikit penjelasan tentang data center
Data center adalah ruangan atau bangunan yang digunakan untuk meletakan server-server yang dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas seperti pendingin/AC, koneksi internet, rack-rack server, system monitoring jaringan, dll sebagai pendukungnya.

penasaran ingin melihat data centernya facebook? baca artikel ini sampai selesai ya !!

Data center facebook terletak di sebuah kota bernama Lulea, yang berada di bagian selatan Arctic Circle, dan dikelilingi oleh hutan dan sungai es. dibawah ini adalah gambar data center facebook yang hampir setiap hari kalian gunakan.

Dengan suhu yang sangat dingin, sistem pendingin data center bisa dibuat seminimal mungkin, sehingga listrik yang dipakai juga sedikit.

Facebook juga membuat listriknya sendiri menggunakan energi. ada 12 pembangkit listrik tenaga air  yang dipasang di sungai di sekitar data center.

wooow, ruang data center facebook yang sangat besar sampai-sampai engineernya perlu skuter untuk mengitari ruangan data centernya facebook dibawah ini.

dalam komponen servernya facebook menggunakan komponen yang sesederhana mungkin.Tujuannya Agar suhunya tetap terjaga dan mudah diperbaiki apabila ada kerusakan.

namanya Joakim Karlson, dia adalah karyawan data center facebook dan posisinya sebagai Mechanical Systems Specialist.

Menurut Emilie De Clercq, teknisi data center, hambatan terbesar bekerja di data center itu adalah saat akan keluar mobil dan menuju bangunan data center karena suhunya -30 derajat celcius

Facebook juga tidak main-main dalam melindungi privasi penggunanya.jika ada hardisk yang sudah tua maka hardisk akan dihancurkan untuk melindungi privasi penggunanya.

Ada 150 orang yang bekerja di sini, namun seringkali lorong-lorong server terlihat kosong

karena desainnya data center facebook yang simpel, untuk 25 ribu server cuma membutuhkan 1 teknisi saja. wooww keren kan ?

gambar kipas-kipas dibawah ini berfungsi untuk menarik udara dingin dari luar sehingga mampu mendinginkan ribuan server yang ada di dalam ruangan.

Namun saat musim dingin dan suhunya mencapai -30 derajat celcius, situasinya dibalik. Yaitu udara panas dari dalam ruangan server dipakai untuk menghangatkan ruangan lain

sekian postingan kali ini. semoga anda mendapat wawasan baru, terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Melihat Data Center Facebook didekat kutub"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *