Ponorogo selayang pandang


salam anget lur...artikel kali ini membahas tentang ponorogo selayang pandang.berbicara tentang kabupaten ponorogo merupakan daerah yang memiliki potensi yang tinggi.hal ini dilihat dari sejarah dan berbagai aspek yang ada.walau dalam kenyataan masih ada kekurangan bila dibandingkan dengan daerah lain.dari kekurangan tersebut dapat dipakai sebagai pemacu untuk lebih baik dan lebih maju.


Berdasarkan keputusan Bupati Kepala daerah Tinggkat II Ponorogo nomor 851 tahun 1996 tanggal 17 juli 1996 hari jadi Ponorogo jatuh pada tanggal 11 Agustus 1496 bertepatan dengan hari Ahad Pon.
Berdasarkan Sejarah pada tahun 986 hingga 1037 M didaerah setono, Kec Jenangan pernah berdiri kerajaan Wengker yang sangat disegani oleh Prabu Erlangga raja kahuripan.Kerajaan Wengker saat itu dipimpin oleh Raja  Kettu Wijaya.Adanya kerajaan Wengker,Prabu Erlannga sangat silau dan berusaha untuk mengunggulinya.Penyerangan Prabu Erlangga Ke Kerajaan Wengker berlangsung tiga kali serangan yaitu di tahun 1031,1035, dan berhasil menang di tahun 1037.

Kemudian di tahun 1200 berdirilah Kerajaan Bantarangin di desa sumoroto,kecamatan Kauman.Raja Bantarangin Prabu Klana Sewandono didampingi oleh patihnya  R. Klana Wijaya/Pujonggo Anom atau biasa disebut Bujang Ganong.Dari sinilah awal terjadinya kesenian "Reog Ponorogo".
baca juga : Ponorogo menjelang tahun 1486
Berdirinya Ponrogo ditahun 1496 dengan wilayah seluas karesidenan madiun, merupakan bukti  nyata bahwa ponorogo merupakan tempat yang strategis untuk pusat pemerintahan dikala itu.Ponorogo sejak awal sudah memiliki ciri-ciri khas antara lain dalam bentuk kesenian, Busana, Makanan/Minuman dll.
Pusat kegiatan perekonomian dikala itu bertempat di pasar pon.Namun menjelang tahun 1837 mobilitas penduduk bergeser ke arah barat dan muncullah pasar Mernung.Pasar Mernung sendiri sekarang dikenal dengan nama Pasar Legi Songgo Langit.

Ponorogo memiliki luas wilayah 1.371,78 km persegi dengan batas-batas :
  1. wilayah Utara : Kab.Magetan, Kab.Madiun, Kab.Nganjuk
  2. Wilayah Timur :  Kab.Tulungagung dan Kab.Trenggalek
  3. Wilayah Selatan : Kab.Pacitan
  4. Wilayah Barat : Kab.Pacitan dan Kab.Wonogiri (Prop.Jawa Tengah)

Secara geografis ponorogo terletak pada :


Jumlah Penduduk Kabupaten Ponorogo Hasil Sensus Penduduk Tahun 2000 Dan 2010


untuk statistik lain bisa dicek sendiri di website bps ponorogo

Dari kemajemukan yang ada ponorogo mendapat banyak sebutan seperti Ponorogo Kota Sate, Ponorogo Kota Warok, Ponorogo Kota Reog, Ponorogo Kota Batik ( karena pada tahun 1960 industri batik berkembang dengan subur), Ponorogo Kota Santri, Ponorogo Kota Seribu Pondok.

Sekian hanya sedikit informasi yang dapat ditulis semoga bermanfaat :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ponorogo selayang pandang"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *